Dirjen Ketenagalistrikan Hadiri Special Some 2012 Dan The 15th Ace Governing Council

Dirjen Ketenagalistrikan, Ir Jarman MSc selaku Senior Official on Energy (SOE) Leader Indonesia dalam kerjasama energi ASEAN pada Rabu (12/12) hingga Jumat (14/12) lalu menghadiri pertemuan The Special SOME 2012 and The 15th ASEAN Center for Energy (ACE) Governing Council di Siem Reap, Cambodia. Pertemuan dihadiri oleh SOE Leader dari seluruh anggota ASEAN, ASEAN Secretariat, ACE dan organisasi pendukung yaitu HAPUA, ASCOPE dan Chairman Sub-Sector Network (SSN). Delegasi Indonesia terdiri dari perwakilan unit utama di Kementerian ESDM, yaitu dari Ditjen Ketenagalistrikan, Ditjen Migas, Ditjen Minerba, Itjen, dan KEMLU.

Pertemuan The Special SOME 2012 merupakan pertemuan rutin para SOE Leader ASEAN yang dilaksanakan untuk menindaklanjuti kesepakatan dan keputusan yang dihasilkan oleh para Menteri Energi ASEAN pada pertemuan The 30th ASEAN Minister on Energy Meeting (AMEM) yang telah berlangsung pada tanggal 12 September 2012 di Phnom Penh, Cambodia. Pertemuan ini selain membahas tindaklanjut dari pertemuan AMEM, juga membahas isu terkait dengan kerjasama energi di kawasan ASEAN dan dengan mitra dialog ASEAN. Dalam pertemuan The Special SOME 2012 tersebut, SOE Leader Indonesia bertindak selaku Vice Chairman, sementara itu Direktur Pembinaan Program Migas Heri Poernomo dan Inspektur I Satry Nugraha bertindak selaku pimpinan Delegasi Indonesia.

Dalam pertemuan, perwakilan ASEAN Secretariate Tran Dong Phuong menyampaikan sejumlah hasil Pertemuan the 21st ASEAN Summit and the Summit Meetings with the Dialogue Partners yang berlangsung pada tanggal 18 November 2012 di Phnom Penh, Cambodia; khususnya yang terkait dengan keputusan para Kepala Negara atas isu energi ASEAN. Selanjutnya rapat membahas rencana kerja di tahun 2013 untuk mendukung penerapan the APAEC (ASEAN Plan of Action on Energy Cooperation) tahun 2010-2015 dan tindaklanjut pertemuan the 30th AMEM dan lembaga ASEAN lain termasuk di antaranya (i) Mid-Term Review of the APAEC, (ii) TAGP (Trans ASEAN Gas Pipeline), (iii) APG (ASEAN Power Grid), (iv) Coal and Clean Coal Technology (CCT), (v) Energy Efficiency and Conservation (EE&C), (vi) RE (Renewable Energy), (vii) Civilian Nuclear Energy (CNE), and (viii) Regional Energy Policy and Planning (REPP). Perkembangan kerjasama dengan sejumlah mitra dialog juga dibahas, di antaranya antara ASEAN dengan European Union, India, Japan, Russia, United States, ASEAN+3 (ASEAN dengan China, Japan, & Korea), EAS (East Asia Summit) yang terdiri dari ASEAN+3 juga dengan Australia, India, New Zealand, U.S. dan Russia), dan dengan IEA (International Energy Agency). Pertemuan selanjutnya membahas tentang tindaklanjut pelaksanaan rekomendasi hasil pertemuan the 30th AMEM tentang the ACE Enhancement Study termasuk membentuk Task Force.

Pertemuan selanjutnya membahas notional agenda pertemuan energi ASEAN tahun 2013. Terdapat sejumlah pertemuan penting terkait kerjasama energi ASEAN yang akan berlangsung di Indonesia, sebagaimana yang disampaikan oleh SOE Leader Indonesia yaitu: (i) the 31st Senior Official Meeting on Energy (SOME) bulan Juni 2013 di Bali, (ii) the 31st ASEAN Minister on Energy Meeting (AMEM) bulan September 2013 di Bali, dan (iii) The Special SOME 2013 dan the 16th ACE Governing Council tentative di bulan Desember 2013 di Manado.

Pertemuan the 15th ACE Governing Council merupakan pertemuan para SOE Leader untuk mendengar laporan ACE Executive Director, DR. Hardiv Harris Situmeang atas aktivitas operasi dan program prioritas ACE sepanjang tahun 2012 dan sejumlah program dan proyek yang sedang berlangsung, serta sebuah proyek yang diusulkan yaitu Renewable Energy Support Programme (RESP) di bawah ACE – Germany Energy Cooperation–Phase II. Selanjutnya ACE Executive Director melaporkan hal-hal terkait administratif dan keuangan dan program kerja dan proyeksi anggaran ACE tahun 2013. Terkait dengan rencana pelaksanaan Pertemuan The 31st AMEM tahun 2013 di Indonesia, di mana akan secara paralel dilaksanakan ASEAN Energy Business Forum (AEBF) 2013, ACE melaporkan hal-hal terkait untuk persiapan forum bisnis tersebut. Dalam pertemuan the 15th ACE Governing Council ini, Direktur Pembinaan Program Migas Bpk. Heri Poernomo bertindak selaku Vice Chairman, sementara itu Inspektur I Bpk. Satry Nugraha dan Ibu Rumondang Lela Harahap Kasubdit Komoditi dan Sumber Daya Alam Direktorat Kerjasama Ekonomi ASEAN KEMLU bertindak selaku pimpinan Delegasi Indonesia.

Penulis : Ridwan Budi, ST

[Back]