Kunjungan Kerja Dirjen Ketenagalistrikan ke PLTP Lahendong Unit 4 dan PLTU 2 Sulut-Amurang
Dalam rangka  pelaksanaan tugas monitoring perkembangan kesiapan pembangunan pembangkit baik regular maupun program 10.000 MW Tahap I, pada hari Rabu dan Kamis tanggal 8-9 Februari 2012, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Ir. Jarman, M.Sc. melakukan kunjungan kerja untuk memantau kemajuan kesiapan pembangunan PLTP Lahendong Unit 4(20 MW) dan PLTU 2 Sulut- Amurang Unit 2 (25 MW).

PLTP Lahendong Unit 4 yang dikerjakan oleh kontraktor Sumitomo Corporation. PLTP  ini  pertama sekali sinkron pada 23 Juli 2011 dan telah melewati serangkaian pengujian seperti Load Operation Test (4-9 Nopember 2011), Performance Test (14 Nop – 6 Des 2011) dan Realibility Run Test (13 Nop – 30 Jan 2012) dan saat ini sudah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi.  Pada saat peninjauan ke lapangan, PLTP Lahendong unit 4 sedang beroperasi dengan pembebanan sebesar 19,1 MW. Dengan telah berhasilnya PLTP Lahendong unit 4 ini, Dirjen Ketenagalistrikan berharap sistem ketenagalistrikan di Sulawesi Utara lebih baik lagi, terlebih dengan tidak beroperasinya PLTP Lahendong Unit 3 yang diakibatkan oleh kendala suplai uap dari cluster 5  sumur-sumur produksi Pertamina Geothermal Energy. Dalam kesempatan ini, Dirjen Ketenagalistrikan juga memantau operasional PLTP Lahendong Unit 1 dan 2, dimana pada saat dikunjungi,  kedua unit PLTP tersebut sedang beroperasi normal.

Dalam kunjungan lapangan ini, Dirjen juga melakuka
n peninjauan langsung ke lokasi PLTU 2 Sulut- Amurang. Perjalanan dari Manado ke Amurang ditempuh dengan waktu lebih kurang 2,5 jam.  Sebelum melaksanakan peninjauan langsung ke lapangan, Dirjen berdiskusi mengenai progress pembangunan proyek PLTU 2 Sulut- Amurang. Dalam diskusi tersebut  Manajer Unit Induk Pembangunan Pembangkit Sulawesi, Maluku dan Papua (UIP KIT SULMAPA) menyampaikan bahwa progress PLTU 2 Sulut Amurang ini telah mencapai 98,6% (Engineering 95%,  Procurement 98,74% dan construction 98,8%). Dimana untuk PLTU 2 Sulut unit 1 telah sinkron per  30 Juni 2011 sedangkan untuk unit 2 masih mengalami beberapa kendala teknis. Dengan motto One Team  One Ship for  One Goal, Manager UIP KIT SULMAPA yakin dapat segera menuntaskan permasalahan teknis yang ada. Menanggapi hal ini, Dirjen Ketenagalistrikan juga yakin dengan komposisi pegawai UIP KIT SULMAPA yang masih muda-muda dan didukung skill yang mumpuni akan mampu mengatasi kendala yang ada.

Di lokasi PLTU, rombongan meninjau kesiapan operasi beberapa fasilitas utama dan pendukung pembangkit seperti pelabuhan khusus bongkar muat batubara (jetty), coal yard, instalasi turbin dan generator, circulating water pump dan control room. (Ali/Trinaldy)

[Back]