Serah Terima Jabatan Ketua DWP Ditjen Ketenagalistrikan

Lies Luluk Sumiarso selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjadi saksi dalam Serah Terima Jabatan Ketua DWP Ditjen Ketenagalistrikan antara Heriyanti J. Purwono selaku ketua lama kepada Rosmiyati Jarman Sudimo selaku ketua yang baru. Acara ini dilaksanakan di Ruang Dharma Wanita Ditjen Ketenagalistrikan pada Rabu (11/5), dan dihadiri oleh Dirjen Ketenagalistrikan Jarman Sudimo, Sesditjen Ketenagalistrikan Agoes Triboesono, seluruh jajaran pengurus DWP Ditjen Ketenagalistrikan, serta para tamu undangan.

Acara dimulai dengan sambutan dan laporan pertanggungjawaban dari Heriyanti J. Purwono selaku Ketua DWP Ditjen Ketenagalistrikan  periode 2006-2011. Dalam laporannya, Heriyanti menyampaikan program-program yang sudah dilaksanakan oleh pengurus DWP Ditjen Ketenagalistrikan. “Kegiatan DWP Ditjen Ketenagalistrikan mengacu pada program kerja yang telah ditetapkan DWP Pusat.”

Dalam Bidang Kesekretariatan, DWP Ditjen Ketenagalistrikan telah mengadakan rapat-rapat, membuat rencana program kerja, laporan program kerja yang disampaikan ke DWP Kementerian ESDM. Untuk Bidang Pendidikan, DWP Ditjen Ketenagalistrikan telah menyalurkan beasiswa Supersemar, kaderisasi Koperasi Aluna Mahesi, serta mengikutsertakan anggota untuk mengikuti seminar dan pelatihan. Dalam Bidang Sosial-Budaya, kegiatan dibagi menjadi dua, yakni intern dan ekstern. Untuk kegiatan intern, kegiatan yang telah dilakukan adalah melakukan pengajian, penyembelihan hewan Kurban saat Idul Adha, latihan kulintang, pemberian paket lebaran dan lainnya. Sementara itu, untuk kegiatan ekstern, DWP Ditjen Ketenagalistrikan telah mengikuti berbagai macam lomba, di antaranya adalah lomba membuat makanan berbahan baku singkong, lomba busana kebaya, serta lomba kulintang. Dalam lomba kulintang, DWP Ditjen Ketenagalistrikan berhasil meraih empat piala sekaligus dalam empat macam kategori. Selain mengikuti lomba, DWP Ditjen Ketenagalistrikan juga turut berperan aktif dalam kegiatan bakti sosial, donor darah, gerakan tanam sejuta pohon, memberikan santunan pada yayasan yatim piatu di Bogor, serta mengikuti berbagai macam kursus.

Pada kesempatan itu pula, Heriyanti J.Purwono mengucapkan terima kasihnya pada Pengurus DWP Ditjen Ketenagalistrikan periode 2006-2011 yang telah mendukungnya dalam melaksanakan program-program DWP. “Kami atas nama keluarga dan selaku pribadi, mohon maaf apabila selama bertugas, ada hal-hal yang kurang berkenan di hati Bapak dan Ibu sekalian. Tak lupa kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerja sama yang baik dari Ibu-ibu Pengurus DWP Ditjen Ketenagalistrikan.” Heriyanti juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Jarman Sudimo sebagai Pembina DWP Ditjen Ketenagalistrikan serta Rosmiyati Jarman yang menjadi Ketua Ditjen Ketenagalistrikan yang baru.

Sambutan kedua datang dari Lies Luluk Sumiarso selaku Ketua DWP Kementerian ESDM. Dalam awal sambutan, ia mengenang masa-masa awal keterlibatannya dalam Dharma Wanita. Lies menekankan banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dengan menjadi bagian dari Dharma Wanita. “Dharma Wanita adalah satu-satunya organisasi istri PNS dimana kalau kita ikut di dalamnya, akan sangat banyak manfaatnya bagi kita. Manfaatkanlah organisasi DWP untuk ketrampilan Ibu-ibu.” Tak lupa, Lies juga mengucapkan selamat pada Heriyanti  yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik di periode kepemimpinannya sebagai ketua.

Selepas penandatanganan berita acara serah terima dan penyerahan memori pertanggungjawaban, Rosmiyati Jarman Sudimo selaku Ketua DWP Ditjen Ketenagalistrikan yang baru menyampaikan sepatah dua patah kata. “Insya Allah, saya akan berusaha untuk melaksanakan tugas yang diberikan pada saya.” Rosmiyati Jarman mengaku mendapat banyak ilmu yang bermanfaat selama ia pernah menjadi bagian dari DWP. “Mari kita manfaatkan ilmu yang kita dapatkan dari DWP. Ada banyak segi positifnya, ayo kita coba jalani.”

Sambutan terakhir datang dari Dirjen Ketenagalistrikan. Dalam sambutannya, Dirjen Ketenagalistrikan Jarman Sudimo menyampaikan bahwa dukungan istri sangat penting bagi seorang suami. Jarman Sudimo pun mengutip hasil sebuah penelitian, “Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seorang karyawan yang didukung oleh istri akan optimal dalam bekerja.” Dengan menjadi bagian dari DWP, ibu-ibu pengurus DWP bisa mengetahui pekerjaan suami sehingga suami diberikan kepercayaan dan dukungan.

Acara serah terima ini diwarnai dengan pemberian kenang-kenangan dari Heriyanti J.Purwono ke Pengurus DWP Ditjen Ketenagalistrikan Periode 2006-2011 yang diwakili oleh Wien Agoes Triboesono. Setelah pemberian kenang-kenangan, acara diakhiri dengan pembacaan doa dan kegiatan ramah-tamah. (AMH)

[Back]