DJLPE Meraih Juara I Lomba Baca Puisi

Bertempat di Auditorium Sekretariat Jenderal Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), ibu-ibu Dharma Wanita DESDM mengadakan Lomba Baca Puisi yang merupakan awal dari rangkaian peringatan Hari Kartini, Kamis (16 April 2009). Kegiatan ini diikuti oleh 13 peserta dari 8 unit di DESDM dan 5 dari BUMN, yaitu Pertamina, PLN, BPH Migas, PT Timah, dan PT Aneka Tambang. Hadir pula dalam kegiatan ini Ibu Lies Purnomo Yusgiantoro selaku Penasehat Dharma Wanita DESDM.

Lomba Baca Puisi dimulai pukul 10.00 dan dibuka oleh Ketua Dharma Wanita DESDM Meyrani Simon Sembiring. Dalam pidatonya, Ibu Meyrani Simon Sembiring berharap lomba ini dapat mempunyai nilai dan arti positif bagi ibu-ibu Dharma Wanita. “Lomba ini bukan untuk menang atau kalah, tapi menunjukkan kita mampu dan punya prestasi di bidang masing-masing”, ujar Ibu Meyrani Simon Sembiring menyemangati para peserta.

Ada tiga juri dalam Lomba Baca Puisi ini, mereka adalah Drs. Sudirja (Pengajar SMP 11 Jakarta Barat), Devi Rodiah, S.Pd (Pengajar SMP 11 Jakarta Barat), dan Diah Hadi Daryanto, S.Sos (Pengurus Dharma Wanita Pusat). Sebelum lomba dimulai, ada pengarahan terlebih dulu oleh Ketua Dewan Juri, Drs. Sudirja. Dalam lomba ini, ada empat kriteria yang dinilai, yaitu penghayatan, vokal, ekspresi, dan penampilan.

Setelah pembacaan tata tertib, lomba pun dimulai. Dimulai dari puisi berjudul ‘Ibu’ karya D. Zawawi Imron yang dibacakan oleh peserta dari Sekretariat Jenderal DESDM, Maya Endang S. DJLPE sendiri diwakilkan oleh Rini Widayanti dari Bagian Umum dan Kepegawaian yang membawakan puisi berjudul ‘Perempuanku’.

Setelah delapan peserta membacakan puisi masing-masing yang bertemakan perempuan, acara diselingi dengan penampilan dari Ibu Yanti J. Purwono – istri Direktur Jenderal LPE J. Purwono – dan Ibu Ida Nofyan yang menyanyikan lagu ‘Bunda’ dari Melly Goeslaw diiringi musik dari Sianturi Group. Selesai selingan, lomba dilanjutkan kembali sampai peserta terakhir.

Selepas makan siang dan hiburan, pemenang Lomba Baca Puisi diumumkan oleh dewan juri. Suasana menjadi sedikit tegang saat Drs. Sudirja mulai maju ke depan dan membacakan pemenangnya. Ibu-ibu tentu saja berharap wakil dari unitnya yang menjadi juara. Selain juara I, II, dan III, ada pula penghargaan untuk juara harapan I dan II. Direktorat Jenderal Listrik dan Pemanfaatan Energi DESDM berhasil menempati posisi pertama disusul oleh wakil dari Badan Penelitian dan Pengembangan DESDM di urutan kedua, PT Antam menjadi juara ketiga, Inspektorat Jenderal DESDM sebagai Juara Harapan I, dan Badan Geologi DESDM sebagai Juara Harapan II.

Semua pemenang mendapat kesempatan untuk berfoto bersama Ibu Lies Purnomo Yusgiantoro. Sebelum acara ditutup, ada penyerahan tanda kasih bagi ketiga dewan juri oleh Ibu Lies selaku Penasehat Dharma Wanita DESDM.
Humas DJLPE
[Back]